Barokah-System

Materi Perkuliahan Sistem Informasi

PKL dan Skripsi Sistem Informasi

3 comments
(Posting ini dikhususkan untuk mahasiswa UPI YPTK Padang Khususnya)
Berikut persyaratan-persyaratan sebelum mengambil mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) :

1. Sks anda telah mencapai 105 sks

2. Sudah mengambil pelajaran Metodologi Penelitian dan Bahasa Indonesia

3. Metodologi Penelitian tidak boleh memiliki nilai D, E (sedangkan A , B , C boleh mengambil PKL)

4. PKL boleh dilakukan 1 orang atau 2 orang (batas cuma 2 orang) 

5. Judul PKL di ajukan hanya boleh sebanyak 3x dengan cara ?

        - Pertama mengajukan judul lengkap dengan latar belakang dengan syarat 1x pengajuan 3 judul yang diarsipkan ( judul diketik dengan latar belakang dan dijilid warna biru laut serta jangan lupa lampirkan KRS , KHS yang diminta dosen bersangkutan).
        - Kedua , jika pengajuan judul pertama ditolak (3 judul anda ditolak) jangan khawatir, ajukan kembali judul baru anda
        - Ketiga , jika 2 pengajuan judul anda ditolak ( total sudah 6 judul ditolak ? ) ajukan judul dengan selembar kertas tulis tangan ajukan kepada dosen yang menseleksi judul anda. Jangan ajukan dengan cara mengetik judul di HVS + menjilidnya sekaligus (jika judul diterima nasib baik , jika tidak ? anda dinyatakan gagal mengikuti PKL ) karena batas maksimal mengajukan judul hanya 3 kali.

6. Jika judul PKL anda telah diacc ( diterima ) dilarang mengubah judul kembali.

7. Jika anda telah mencapai 105 sks lebih , akan tetapi teman anda tidak ? sedangkan judul anda sudah diacc ? ( jawaban terbaiknya adalah : silahkan lapor ke dosen bersangkutan , maka teman anda tersebut akan dinyatakan gagal mengikuti PKL karena kekurangan sks ). Perlu diingat hal ini sering terjadi setelah judul diacc 

8. Batas pengajuan judul hanya dosen bersangkutan yang menentukan (berdasarkan pengalaman admin , biasanya 2 bulan sesudah perkuliahan dimulai ).

9. Untuk persyaratan no 4 (khusus) jika anda kehilangan KHS ? Silahkan berikan transkrip nilai anda (berserta surat bukti kehilangan KHS [Urus di kantor polisi] kepada dosen bersangkutan bahwasanya anda telah mengambil mata kuliah persyaratan PKL

10. Seminar PKL dilakukan pada saat UTS telah berakhir (bukan UAS tapi UTS)

11. Dosen penguji hanya 1 orang

12. Perhatikan jadwal dosen yg menjadi penguji anda (bukan dosen yang menyeleksi judul anda), mulai dari jadwal seminar (jangan lupa anda wajib hadir batas absen hanya 2x [ketentuan sekretariat] / Tapi teman admin pernah 3x gak bermasalah sama dosen pengujinya [tergantung dosennya] ). Jangan lupa ikuti seminar dosen anda, jika bentrok dengan jadwal perkuliahan anda ? silahkan minta izin terlebih dahulu. ( Intinya Absen harus full sampai 16x pertemuan ).

13. Tampil persentase gak usah gugup (santai saja) (Pastikan Program anda sudah lengkap sama BAB nya). Jangan lupa matikan antivirus , task manager proses list yang tidak penting , pastikan baterai laptop ada ( jika tidak ada ? tidak apa-apa kok, di tempat seminar sudah disediakan colokan listrik bagi mahasiswa yang baterai laptop bocor / tidak memiliki baterai ) ,cek USB anda dan perangkat lainnya.

14. Jika PKL anda banyak kesalahan (misalnya dalam program dan bab) nantinya dosen anda akan menyuruh anda untuk revisi (perbaikan) terhadap penelitian anda tersebut. Pengajuan revisi bisa 1 minggu , 1 bulan bahkan 3 hari (tergantung dosen penguji anda).
 
15. Pastikan pengajuan revisi jangan diprint dulu, nah kebanyakan mahasiswa langsung ngeprint tanpa tanya dosen, nah akibatnya apa ? mereka disuruh perbaiki ulang, kan kasihan biaya printnya (bagi yang ngeprint di warnet) , tinta dan kertas HVS

16. Revisi Wajib dijilid warna biru laut ! Sertakan dengan Kaset . Kaset CD RW (Jangan CD-R !!) . Isi pada kaset Program anda yang sudah diperbaiki beserta Bab yang sudah direvisi) . Jangan lupa beri stikernya kaset ( stiker kasetnya bisa anda minta sama abang/kakak yang menyediakan jasa fotokopi , print dan lainnya ) (stikernya warna putih [ ada nama team , judul PKL dan nama dosen pembimbing ] ).

17. Berdasarkan pengalaman admin , biasanya mata kuliah PKL dapat nilai B tergantung revisi sih, jika revisi tidak diberikan ? nilai C,D,E siap tertera di KHS anda.

18. Jika PKL mendapatkan nilai C ? bagaimana solusinya ? (jawaban terbaik : Yaah PKL ulang, bisa kok ajukan judul yg sama pada saat persentase PKL sebelumnya anda gagal)

19. Jangan lupa berdoa biar tidak mendapatkan dosen killer hahahahaha..

20. Semoga sukses

Persyaratan Skripsi :
Wah adminya belum tau gan kwkwkwk katanya pengajuan online..



3 comments :

  1. numpang tanya gan kalu udah semester 8 SKS nya masi kurang gan gimana tu gan masi juga nggak bisa ngambil PKLnya y gan

    ReplyDelete
  2. belum bisa tuh gan.. setau ane harus cukupin sks nya dulu..

    ReplyDelete
  3. Sks yg mana nya yg di lihat ya numpang nanya

    ReplyDelete